Rabu, 01 Januari 2014

Resensi Novel "Ayah, Mengapa Aku Berbeda 2?" (Chapter 2)



Tugas Resensi Novel

 
Disusun Oleh :

KELOMPOK 3

AFIFAH MAHYURI
IKA RATNA SARI
NANDA PRATAMA
NURFAZRINA
RISKA YULIA DEWI

XI IPA

YP. LETJEN S PARMAN
TA : 2012 / 2013


 
Sekali Lagi Angel Menangis


 
Judul novel  : Ayah, Mengapa Aku Berbeda ?  (Chapter  2)
Penulis         : Agnes Davonar
Penerbit      : AD PUBLISHED, Jakarta, Juli 2012
Tebal           : 230 Halaman
Harga          : Rp. 35.000,00
ISBN           : 978-979-056-086-4



ANGEL gadis tunarungu yang baru saja menyelesaikan masa sekolah menengah pertamanya dengan penuh tangis bahagia. Dia memaafkan segala kesalahan teman-temannya yang telah menyakitinya selama ini. Sekarang dia akan menghadapi masa yang baru yakini masa SMA yang penuh lika-liku cinta.

          Angel berharap  akan mengalami masa remaja yang indah. Tapi itu sesuai dengan perkiraannya. Dia kembali bertemu dengan temannya di masa lalu. Hendra, cowok berubuh gemuk yang baik budi pekertinya. Hendra selalu membuat Angel tertawa dan Hendra adalah satu-satunya  sahabat Angel disekolah karena Hendra dapat mengerti bagaimana keadaan Angel. Mereka mengobrol dengan menggunakan bahasa tangan. Mereka juga saling tolong-menolong dalam hal pelajaran di sekolah. Hendra yang pernah bersekolah di Singapura dengan kemampuan bahasa Inggris yang bagus dapat membantu Angel yang mampu dalam hal Matematika.

          Tapi kebahagian mereka tidak berlangsung lama hingga pada saatnya datanglah seorang murid baru yang bernama Agnes. Agnes yang culas, licik, dan angkuh itu adalah orang yang sangat membenci Angel. Di sekolah ini, Agnes akan kembali melakukan aksi jahatnya kepada Angel. Tapi berkat bantuan dari Hendra yang terus melindungi Angel maka mereka selalu lolos dari cengkraman Agnes.

          Agnes sangat menyukai pria yang bernama Martin. Tapi ternyata Martin berbalik menyukai Angel sejak  pertemuan mereka di lapangan basket. Martin pun mulai memperhatikan gerak-gerik Angel. Hal ini membuat Agnes berang. Agnes pun mengancam Angel untuk menjauhi Martin jika tidak mau celaka. Angel yang sudah merasakan namanya jatuh cinta akan pupus karena ancaman Agnes.

          Di dalam kesedihan Angel, Angel pun pergi ke toko buku di suatu sore yang cerah. Dia hendak membayar buku yang telah dia cari di toko tersebut. Tapi ternyata dompetnya tertinggal di rumah. Angel yang sedang kebingungan ternyata dilihat oleh sosok laki-laki penolong. Dia bernama Ferly, seorang pelayan di café Piano yang ada diseberang toko buku. Ferly pun membayar tagihan buku Angel beserta buku yang dibelinya juga. Ferly juga mengajak Angel untuk mampir di café tempatnya bekerja suatu saat.

          Dilain kesempatan, Angel datang kembali ke café tersebut bersama Hendara. Ferly menyambut hangat mereka dengan memberikan secangkir minuman. Hendra melihat piano. Hendra menyuruh Angel untuk memainkan piano karena Angel sangat mahir memainkan piano ketika masa sekolah dulu. Angel yang awalnya ragu mulai menekan tuts piano. Akhirnya terdengarlah alunan musik piano yang sangat indah. Manager café yang mendengar alunan tersebut sangat tertarik dan menawarkan Angel untuk bekerja di cafénya dengan gaji yang sangat lumayan jumlahnya. Cukup untuk membeli obat ayahnya yang sedang sakit keras. Angel pun pulang untuk meminta persetujuan ayanhnya. Ayah dan bibinya sangat mendukung pekerjaan itu, tapi tetap mengutamakan belajar.

          Angel pun mulai dengan kesibukan baru. Dia mulai bekerja di café tersebut dan nampaknya Agnes pun sudah bosan untuk mengganggunya. Belakangan Angel tahu kalau Agnes dan Martin telah resmi berpacaran. Hal ini tidak membuat Angel cemburu. Dia tetap fokus kepada pelajaran dan pekerjaan barunya sebagai  pemain piano.

          Lagu Angel sangat disenangi oleh pengunjung café dan membuat café tersebut sangat ramai. Ferly yang awalnya mengobrol dengan Angel menggunakan media secarik kertas sekaramg mulai memakai bahasa tangan. Ferly meminta Angel untuk mengajarinya bahasa tangan. Ferly pun tertarik dan diantara mereka mulai tercipta cinta. Hingga akhirnya mereka resmi berpacaran. Mereka adalah dua insan yang berbeda yang sangat bahagia diantara perbedaan.

          Agnes yang mulai bosan berpacaran dengan Martin pun mulai memburu mangsa baru. Akhirnya dia menaruh hati kepada Ferly pada saat mereka sedang mampir di café tempat Angel dan Ferly bekerja. Agnes pun mulai merencanakan hal buruk kepada Angel kembali. Dihari Ferly yang sangat berharga yaitu tepat dihari ulang tahunnya, Agnes malah mengunci Angel di dalam ruangan basket hingga membuat Angel hampir meninggal. Kado yang Angel dan Hendra persiapkan jauh-jauh hari akhirnya jatuh ketangan Agnes dan memutarbalikkan fakta bahwa yang membeli kado tersebut adalah Agnes. Angel yang sudah mulai kehabisan nafas akhirnya ditemukan oleh Martin yang tidak sengaja lewat. Angel pun menangis tersedu menceritakan perbuatan Agnes kepada Martin. Sementara Agnes berada didalam café untuk merayakan pesta ulang tahun Ferly.

          Angel tidak ingin Agnes menyakiti Ferly akhirnya mengalah. Dia merelakan Agnes dan Ferly, mereka akhirnya putus dan Angel berhenti bekerja di café tersebut. Angel pun kembali fokus ke sekolahnya dan mulai melupakan Ferly demi keselamatan orang yang dicintainya.

          Lama tidak bertemu, terdengar kabar kalau Ferly akan bersekolah pilot sesuai dengan cita-citanya selama ini. Ferly pun memberikan kabar gembira ini melalui Hendra. Ferly mengundang Angel untuk makan malam bersama ibunya dan meminta Angel untuk memainkan piano untuk terakhir kali sebelum dia berangakat. Ibu Ferly yang bertemu dengan Angel sangat terkesima dengan permainan piano dan keramahan Angel. Diakhir pertemuan makan malam, Ferly menceritakan kalau selama ini ia sudah mengetahui kebusukan hati Agnes. Dia juga berusaha melindungi Angel dengan cara mendekati Agnes. Tapi Ferly memutuskan untuk meninggalkan Agnes dan kembali kepada Angel. Rasa Angel yang telah mati timbul lagi. Malam itu mereka pun bersatu dalam ikatan cinta.

          Seminggu lagi Ferly akan berangkat kesekolah pilot. Selama seminggu itu dia akan menghabiskan waktunya dengan Angel sepenuhnya. Tapi nasib berkata lain. Ferly meninggal ditabrak tidak sengaja oleh Agnes yang sedang ugal-ugalan mengendarai mobilnya. Agnes melarikan diri tanpa mengetahui siapa korban yang ditabraknya itu. Ferly meninggal tepat saat Ferly akan kesekolah Angel untuk memberikan seikat bunga mawar. Tangis dan hujan gerimis mengantarkan Ferly ketempatnya yang terakhir.

          Angel yang  jiwa dan raganya seolah mati karena ditinggal oleh Ferly selamanya. Angel yang merasa dunia tidak adil kepadanya. Kenapa ia yang berbeda tidak bisa merasakan cinta sejati. Martin turut merasakan kesedihan itu menghibur hati Angel. Rasa Martin sejak awal bertemu dengan Angel sampai saat itu tidak berubah. Dia berharap akan menjadi pengobat hati Angel yang kehilangan Ferly. Angel merasakan sosok itu adalah Ferly yang dia tidak tahu akan terungkap.

***
BAGAIMANA ending-nya? Angel pun kembali menagis karena sekali lagi ia harus kehilangan Ferly yang selama ini telah membuatnya berdiri tegak dalam menjalani hari-harinya selama ini. Agnes Davonar, penulis novel ini menyambung kisah Angel selanjutnya ke chapter venus.

          Didalam novel ini terdapat penggunaan tanda baca yang tidak tepat; Ayah dan bibi sedang sibuk membuat pesanan kue dari acara perniukahan langganan kami tapi mereka sudah mengingatkan aku untuk berhati-hati saat pergi bekerja. ( hal 54 )
Novel ini juga terdapat ketikan yang salah seperti : “Etalase ini bagus.. Tapi mahal sekali..” Katanya sambil melihat angka ratusan ibu ( Hal 68).
Kata perperangan ( Hal 77) yang seharusnya adalah peperangan. Dan kata merobet ( Hal 89 ) yang seharusnya adalah  merobek.

          Di dalam novel ini banyak terdapat motivasi yang bagus untuk kita terapkan dalam hidup kita. Karena dengan adanya perbedaan dalam diri kita bukanlah suatu hal yang membuat kita menjadi terpuruk, bahkan dengan adanya perbedaan kita itu, kita mempunyai kesempatan untuk meyempurnakannya dengan orang lain. Ingatlah ! TUHAN selalu adil kepada kita, dia tidak akan menguji kita diluar dari batas kemampuan kita sendiri. Mungkin dengan penderitaan yang dialami Angel selama ini TUHAN akan membalasnya dengan kegembiraan yang tak terduga-duga nantinya.

Novel ini mengajarkan kita untuk mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita dan jangan pernah menyerah dan mengeluh dan yakin setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi, novel ini menceritakan sebuah kisah perjuangan hidup seorang gadis tunarungu yang bernama Angel yang tetap tegar dalam menghadapi hari-harinya.



 




Tentang Agnes Davonar
Agnes davonar adalah sebuah fenomenal dalah dunia sastra Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog. Kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkan lima  novel online dan 140 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya.  Tak heran bila sebuah kutipan dari sebuah portal informasi detik.com mengatakan “bahwa tidak sulit untuk mencari karya dari seorang Agnes davonar ”. Keunikan sendiri terdapat dalam nama Agnes davonar. Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil nama dari adiknya. Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya.
Agnes lahir di Jakarta 8 oktober, sedangkan Davonar lahir di Jakarta, 7 Agustus . mereka adalah Dua saudara yang besar dalam lingkungan seni. Mereka berdua membentuk sebuah blog dengan situs www.agnesdavonar.net  Agnes tinggal di luar negeri dan Davonar berkuliah di Universitas Tarumanegara.
sampai saat ini sejumlah prestasi telah ditorehkan dalam perjalanan kariel mereka sebagai blogger

1. The best asian pasifik sony ericsson blogger 2010
2. the finalist microsoft bloggership 2010
2. the most influental blogger Indonesia bubu award 2009
3. the best writer pesta blogger 2009
4. the best  dsfl ford writing contest 2009
5. finalist writing jawaban 2009.
6. the most inspirating olitopone detik.com 2009
7. kapanlagi blogger award 2009.



Agnes Davonar juga telah melahirkan 8 novel yang telah menjadi best seller
1. Misteri kematian gaby dan lagunya ” 2008)
2. Surat kecil untuk Tuhan 2008
3. Sahabat : tentang cinta, kisah sejati dan tragedy kehidupan 2009.
4. Denny sumargo biografy 2009
5.  My Blackberry Girlfriend 2010
6.  My last love 2010.
7.  Kisah tragis Oei Hui Lan putri orang terkaya di Indonesia asal Semarang 2010
8. Love And Life Chocolatos 2011
9.  Ayah mengapa aku berbeda ? 2011
10. my idiot brother 2012
semua novelnya juga telah diadapatasi dan diterbitkan di Taiwan.

beberapa dari novelnya yang telah diangkat ke layar  lebar adalah
gaby dan lagunya (2010) batavia picture
surat kecil untuk tuhan (2011) skylar picture
ayah mengapa aku berbeda (2011) rapi film coming soon 17 november 2011
my blackberry gilrfriends 2011 coming soon!! 28 desember 2011
my last love januari 2012






Tidak ada komentar :